Pelaksanaan Asesmen Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar.


Atikah Budi Pratiwi , 4401406051 (2011) Pelaksanaan Asesmen Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Asesmen Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar.]
Preview
PDF (Pelaksanaan Asesmen Alternatif untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar.) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Telah diterapkan pembelajaran untuk mengaktifkan siswa mengembangkan proses sains yang dimiliki, khususnya dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan. Akan tetapi, belum maksimal dalam menggunakan penilaian yang sesuai dengan tuntutan KTSP dan belum ada instrumen khusus untuk penilaian tersebut. Oleh karena itu, dengan melaksanakan asesmen alternatif yang sesuai materi pertumbuhan dan perkembangan dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan asesmen alternatif dalam proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan dengan pendekatan JAS. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Banyumas pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011. Populasinya adalah siswa kelas VIII sebanyak 5 kelas. Sampel yang diambil 3 kelas, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian pre experiment ini di desain dengan One Shot Case-Study. Data yang diambil berupa data kinerja dalam praktikum, nilai laporan praktikum, aktivitas dalam presentasi dan diskusi, hasil belajar, tanggapan guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan kombinasai data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,14% siswa trampil dan sangat trampil dalam praktikum. Siswa mampu membuat laporan dengan baik dan sangat baik, yaitu memenuhi format laporan yang sudah ditetapkan (87,12%). Selanjutnya, 87,14% siswa aktif dan sangat aktif dalam presentasi hasil praktikum, dan 86,17% siswa aktif dan sangat aktif dalam diskusi. Ketuntasan hasil belajar klasikal ketiga kelas (VIII C, VIII D, dan VIII E) sebesar 96,04%. Tanggapan guru terhadap pelaksanaan asesmen alternatif sangat baik, dan 100% siswa memberi tanggapan terhadap pembelajaran sangat baik dan baik. Simpulan penelitianya adalah pelaksanaan asesmen alternatif dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan dengan pendekatan JAS di SMPN 4 Banyumas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Alternatif, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 02:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item