PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD NEGERI 2 MERDEN BANJARNEGARA


Tunjung Tamarin Rahmadani, 1401419239 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SD NEGERI 2 MERDEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419239_Tunjung Tamarin Rahmadani - Tunjung Tamarin Rahmadani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SD Negeri 2 Merden Banjarnegara yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, ditemukan permasalahan terkait kurangnya ketersediaan media pembelajaran berbasis teknologi. Permasalahan lainnya yaitu kurangnya pemahaman siswa kelas V pada muatan pelajaran IPA, khususnya pada materi siklus air. Hal ini didukung oleh data penilaian harian pada KD 3.8, dimana masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi KKM. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, media Augmented Reality dapat menjadi alternatif solusi media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPA materi siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan efektivitas media Augmented Reality dalam pembelajaran IPA materi siklus air. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas V SD Negeri 2 Merden Banjarnegara yang terbagi menjadi 6 siswa uji coba kelompok kecil, dan 28 siswa uji coba kelompok besar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Augmented Reality, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest dan posttest), dan non�tes (observasi, wawancara, angket, dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas Saphiro-Wilk, paired-samples t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media Augmented Reality materi siklus air dalam bentuk 3D yang dapat diakses melalui aplikasi Assemblr Studio; 2) Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan persentase 90% dan ahli materi 88% dengan kriteria sangat layak. Penilaian respon guru 96% dan respon siswa 89,5% dengan kategori sangat baik. 3) Efektivitas media Augmented Reality ditunjukkan oleh hasil uji t dengan nilai thitung sebesar 12,195 dan ttabel sebesar 2,051 (thitung>ttabel), maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Perolehan N-gain sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media Augmented Reality materi siklus air berhasil dikembangkan, layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD Negeri 2 Merden Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, hasil belajar, media pembelajaran, siklus air
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:35
Last Modified: 24 Sep 2024 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63998

Actions (login required)

View Item View Item