PENGEMBANGAN MEDIA PARA KOTA (PAPAN SCRABBLE KOSAKATA) BERBANTUAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH BLORA


Inge Liset Marlian Wandani, 1401419232 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PARA KOTA (PAPAN SCRABBLE KOSAKATA) BERBANTUAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH BLORA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419232_Inge Liset Marlian Wandani - Inge Liset Marlian Wandani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan oleh peneliti di SD Muhammadiyah Blora melalui wawancara, observasi, dan data dokumen, ditemukan permasalahan pada materi kosakata, hal tersebut dikarenakan pada saat kegiatan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang konkrit dan model pembelajaran yang sesuai, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan media Para Kota (Papan Scrabble Kosakata) untuk kelas II SD, yaitu (1) menghasilkan media para kota (papan scrabble kosakata), (2) menguji kelayakan media para kota (papan scrabble kosakata), dan (3) menguji keefektifan media para kota (papan scrabble kosakata). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan pelaksanaan, yaitu: (1) Analisis (Analyse); (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Implementasi (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk teknik analisis data menggunakan analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media para kota (papan scrabble kosakata) sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan oleh ahli media sebesar 97,9% dan kelayakan oleh ahli materi sebesar 90%. Hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh – t hitung = -13,895 lebih kecil dari – t tabel = -1,668 sehingga dari hasi uji perbedaan rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media Para Kota (Papan Scrabble Kosakata). Kemudian untuk peningkatan rata-rata (N-gain) dari data pretest dan posttest diperoleh peningkatan sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media para kota (papan scrabble kosakata) layak dan efektif digunakan pada saat kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi kosakata tentang kegiatan sosial. Peneliti memberi saran agar guru dapat mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih variatif agar keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Para Kota (Papan Scrabble Kosakata), model make a match, Penguasaan Kosakata.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:32
Last Modified: 24 Sep 2024 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63997

Actions (login required)

View Item View Item