PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK MELALUI BRAND TRUST SEBAGAI MEDIASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Usaha Susu Moeria Kudus)


DAMAS GIANLUGI ALRIZQI, 7101419235 (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK MELALUI BRAND TRUST SEBAGAI MEDIASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Usaha Susu Moeria Kudus). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101419235_Damas Gianlugi Alrizqi - Damas Gianlugi Alrizqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan final yang dimiliki oleh konsumen dalam membeli suatu barang atau jasa melalui beberapa pertimbangan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui pengaruh mediasi brand trust pada celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Usaha Susu Moeria. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi konsumen Susu Moeria. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel dari Lemeshow dengan random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow didapatkan 96 responden, akan tetapi peneliti kemudian meningkatkan menjadi 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji coba dengan jumlah 41 item pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan indeks five box method serta Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat celebrity endorser dan kualitas produk yaitu tinggi, sedangkan brand trust dan keputusan pembelian sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap brand trust. Celebrity endorser dan keputusan pembelian tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Brand trust mampu memediasi celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan dalam mengoptimalkan keputusan pembelian pada Usaha Susu Moeria adalah dengan menggunakan celebrity yang memiliki spesialisasi pada kuliner dalam mempromosikan serta memberikan informasi cara aman konsumsi pada kemasan produk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Brand Trust, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:29
Last Modified: 24 Sep 2024 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63993

Actions (login required)

View Item View Item