EFEKTIVITAS METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL AKSI (ASESMEN KOMPETENSI SISWA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN CIPARAY 1
Putri Wulan Agustina, 1401419214 (2023) EFEKTIVITAS METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL AKSI (ASESMEN KOMPETENSI SISWA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN CIPARAY 1. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan membaca dalam proses belajar mengajar yakni siswa belum mampu memahami isi bacaan dan sulit menafsirkan makna dari sebuah kalimat, merupakan masalah pokok yang ditemukan di kelas IV SDN Ciparay 1. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar siswa hanya bisa membaca tetapi belum berada pada tahap membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan data perolehan nilai bahasa Indonesia yaitu sebesar 71% siswa belum mencapai KKM. Proses pembelajaran membaca yang belum optimal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode dan media yang efektif sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode PQRST berbantuan media digital AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Ciparay 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen menggunakan eksperimen semu (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Ciparay 1 berjumlah 75 siswa yang seluruhnya dijadikan sampel dan dikelompokkan menjadi kelas eksperimen sebanyak 38 siswa dan kelas kontrol sebanyak 37 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu perlakuan metode PQRST berbantuan media digital AKSI, sedangkan variabel kontrol yaitu keterampilan membaca pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pretest-posttest dan teknik non-tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, uji N-gain dan analisis deskriptif pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji T diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PQRST; AKSI Bahasa; Membaca Pemahaman; Literasi Digital |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63992 |
Actions (login required)
View Item |