ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL
Ervitri Marheni, 1401419211 (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu topik yang menarik dibahas karena berkaitan dengan proses pembelajaran yang berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Pemerintah meluncurkan sebuah kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran akibat pandemi covid-19 dan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dilaksankan melalui beberapa tahapan diimplementasikan pada sekolah tertentu pada tahun pertama pelaksanaannya, yaitu sekolah yang telah lolos seleksi dalam pemilihan program Sekolah Penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan, pelaksanaan pembelajaran, hambatan dan solusi mengatasi hambatan implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurikulum Merdeka diimplementasikan melalui tahapan teknis dan tahapan implementasi pelaksanaan, (2) pembelajaran Kurikulum Merdeka menggunakan paradigma baru model pembelajaran berdiferensiasi, dan projek penguatan profil pelajar Pancasila (3) hambatan Kurikulum Merdeka terjadi ketika tahapan proses implementasi dan proses pembelajaran, (4) solusi dari hambatan implementasi Kurikulum Merdeka diupayakan oleh seluruh elemen sekolah yaitu oleh kepala sekolah, peran guru, siswa, dan orang tua siswa. Simpulan penelitian, terdapat dua tahapan implementasi Kurikulum Merdeka yaitu tahapan teknis, dan tahapan implementasi pelaksanaan yang diawali penyusunan KSOP, perencanaan ATP, perencanaan pembelajaran dan asesmen, pemanfaatan perangkat ajar, dan perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal mengalami perubah yaitu dari segi mata pelajaran yang dipisah, alokasi waktu pembelajaran yang dibagi menjadi dua yaitu alokasi intrakurikuler dan kokurikuler atau pembelajaran projek sebesar 20% dari beban belajar per tahun. Modul ajar disesuaikan dengan karakteristik siswa dan pembelajaran menggunakan pandangan pembelajaran paradigma baru yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan TaRL atau Teaching at the Right Level dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis; implementasi; kurikulum merdeka; sekolah penggerak |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63991 |
Actions (login required)
View Item |