MOTIVASI GURU SEBAGAI MODERASI PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 BOJA
Elvida Alfianita, 7101418312 (2023) MOTIVASI GURU SEBAGAI MODERASI PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 BOJA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar didefinisikan sebagai hasil akhir yang dicapai oleh siswa baik berupa proses belajar, kedisiplinan dan ketekunan mereka. Hasil belajar adalah suatu proses belajar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman belajar yang diperoleh untuk meningkatkan keberhasilan belajar dan kualitas diri manusia melalui output yang diperoleh. Hasil belajar yang rendah dapat menurunkan kualitas akreditasi dari pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh disipin belajar terhadap hasil belajar, kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, serta mengetahui pengaruh moderasi motivasi guru terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Boja dengan besaran sampel sebanyak 106 siswa sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi moderasi menggunakan IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penelitian ini telah memenuhi validitas dan reliabilitas yang mengacu pada asumsi klasik dan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan perhitungan IBM SPSS 23 sehingga model penelitian ini dinyatakan layak. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Motivasi guru mampu memoderasi pengaruh disiplin belajar maupun kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat empat hipotesis yang diterima. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah dalam meningkatkan hasil belajar sekolah dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mampu memotivasi semangat siswa untuk menerapkan disiplin dan kebiasaan belajar. Guru sangat mempunyai peran penting dalam keberhasilan siswa menempuh belajarnya. Bagi siswa hendaknya dapat memperhatikan bahwa penanaman disiplin belajar itu sangat penting dengan cara mengembangkan dan menanamkan disiplin belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi Guru, Disiplin Belajar, Kebiasaan Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:24 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63990 |
Actions (login required)
View Item |