PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-DABIN SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Salsia Ferly Sentina, 1401419200 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN SE-DABIN SULTAN AGUNG KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419200 - Salsia Ferly Sentina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan pembelajaran yang memiliki manfaat untuk siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Alat peraga atau media pembelajaran dapat menjadi penentu keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa diantaranya yaitu penggunaan media belajar. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Se-Dabin Sultan Agung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal sebanyak 210 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel penelitian sebanyak 142 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu penggunaan media interaktif, media manipulatif, dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan angket tertutup dengan skala likert dengan empat opsi jawaban untuk penggunaan media interaktif, dan media manipulatif. Hasil penelitan menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 15,4%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran manipulatif terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 13,7%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran manipulatif terhadap hasil belajar matematika dengan pengaruh sebesar 17,9%. hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (15,120) > (3,061) Ftabeldengan pengaruh sebesar 17,9%. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dan media pembelajaran manipulatif memengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Dabin Sultan Agung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Kemudian disarankan agar semua pihak baik sekolah maupun guru hendaknya dapat meningkatkan penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang optimal sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Media Interaktif, Media Manipulatif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:20
Last Modified: 24 Sep 2024 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63989

Actions (login required)

View Item View Item