PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUPEL IPS KELAS V SDN TUMBREP 01 KABUPATEN BATANG


Mustika Sylvia Nurul Widaningsih, 1401419199 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUPEL IPS KELAS V SDN TUMBREP 01 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419199_Mustika Sylvia Nurul Widaningsih - Mustika Sylvia Nurul Widaningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Tumbrep 01 Kabupaten Batang melalui observasi, angket, wawancara, data dokumentasi dan angket kebutuhan guru dan siswa bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait bahan ajar yang digunakan belum bervariasi hanya buku guru dan buku siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan E�modul Berbasis Flip Pdf Professional. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalam model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Tumbrep 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media dan materi, serta analisis tanggapan guru dan siswa, analisis data awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir berupa uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase penilaian oleh ahli media sebesar 95% dan ahli materi sebesar 85% serta presentase angket tanggapan guru sebesar 100% dan angket tanggapan siswa sebesar 100%. Keefektifan e-modul ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dengan p value < 0,05 yaitu sebesar 0,00 dan peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posstest sebesar 0,61 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah E-modul Berbasis Flip Pdf Professional berhasil dikembangkan dalam bentuk elektronik dengan menggunakan software flip pdf professional serta layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan dapat memjadi alternatif media yang dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan pengembangan lebih lanjut pada muatan pembelajaran lain dengan melakukan inovasi yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Flip Pdf Professional, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:17
Last Modified: 24 Sep 2024 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63988

Actions (login required)

View Item View Item