Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Microsoft Sway Materi Kegiatan Ekonomi Kelas 5 SDN 1 Kejajar Kabupaten Wonosobo


Mutiarani Qotrun Nada, 1401419181 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Microsoft Sway Materi Kegiatan Ekonomi Kelas 5 SDN 1 Kejajar Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419181 - Mutiarani Qotrun N.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Ditemui beberapa permasalahan terkait bahan ajar di Kelas 5 SD Negeri 1 Kejajar khususnya pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Permasalahan tersebut antara lain penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi, keterampilan berpikir kreatif rendah, dan hasil belajar rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif bahan ajar yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan bahan ajar berbasis Microsoft Sway materi kegiatan ekonomi muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 5 SD Negeri 1 Kejajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Kejajar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Kelayakan produk dinilai oleh validator media dan materi serta guru dan siswa. Keefektifan produk di uji menggunakan teknik analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir melalui uji t berpasangan dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain bahan ajar berbasis Microsoft Sway materi kegiatan ekonomi muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 5 SD Negeri 1 Kejajar berhasil dikembangkan. Bahan ajar berbasis Microsoft Sway layak digunakan, ahli materi memberikan penilaian dengan rata�rata 95% dan ahli media memberikan penilaian dengan rata-rata 91% dengan kategori sangat layak. Guru dan siswa memberikan tanggapan dengan nilai 100% dengan kategori sangat positif. Bahan ajar bebasis Microsoft Sway efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sesuai uji t berpasangan dan uji N-Gain. Hasil uji t sebesar (2,074) > t tabel (1,714) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-Gain sebesar 0,734 dengan kriteria tinggi. Selain keterampilan berpikir kreatif, bahan ajar berbasis Microsoft Sway juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji t sebesar (2,074) > t tabel (1,714) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil uji N-Gain sebesar 0,560 dengan kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahan ajar berbasis Microsoft Sway berhasil dikembangkan dan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar, serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 5 SD Negeri 1 Kejajar. Saran peneliti adalah pengembangan bahan ajar berbasis Microsoft Sway dapat diterapkan pada muatan pembelajaran lain dengan modifikasi dan inovasi yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Microsoft Sway, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:13
Last Modified: 24 Sep 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63987

Actions (login required)

View Item View Item