PENGEMBANGAN MEDIA UNO AKSARA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH BAGI SISWA SDN BESAH II KABUPATEN BOJONEGORO


Lisa Indah Dwi Putri, 1401419166 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA UNO AKSARA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH BAGI SISWA SDN BESAH II KABUPATEN BOJONEGORO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419166 - Lisa Indah Dwi Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya hasil belajar siswa pada muatan lokal Bahasa Jawa di SDN Besah II yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran serta keterbatasan alokasi waktu pembelajaran yang disediakan untuk pembelajaran muatan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, serta mengkaji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran UNO Aksara pada materi sandhangan swara muatan lokal Bahasa Jawa di kelas IV SDN Besah II Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model dalam pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, akan tetapi hanya menggunakan 8 langkah pen, yakni: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 12 Mei 2023 - 5 Juni 2023. Variabel pada penelitian ini adalah media UNO Aksara dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Besah II. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data adalah analisis data produk serta analisis data awal dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media UNO Aksara terdiri atas tiga bagian, yaitu packaging, smart card dan website game berbasis wordwall. Bagian packaging memuat: (1) cover; (2) petunjuk penggunaan media; (3) ATP; dan (4) sebuah link yang mengarah pada website UNO Aksara. Bagian smartcard memuat aksara legena dan sandhangan swara. Adapun bagian website game UNO Aksara memuat: (1) halaman utama; (2) papan skor; (3) kunci jawaban; dan (4) peringkat skor. Media UNO Aksara dikategorikan sangat layak untuk digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 100% oleh ahli media, 97% oleh ahli materi, 100% berdasarkan tanggapan guru, dan 98% berdasarkan tanggapan siswa. Media UNO Aksara juga telah analisis melalui t-test dengan 15,74 > 1,67 sehingga terlihat adanya perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest. Perolehan rata-rata nilai pretest sebesar 54,84 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 80,07 dengan skor n-gain sebesar 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah desain media UNO Aksara terdiri atas tiga bagian, yaitu packaging, smart card, dan website game yang dikategorikan sangat layak serta dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi sandhangan swara bagi siswa kelas IV SDN Besah II, sehingga untuk kedepannya media ini dapat diimplementasikan dalam materi pembelajaran lainnya yang relevan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aksara jawa, Bahasa Jawa, UNO, muatan lokal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:07
Last Modified: 24 Sep 2024 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63984

Actions (login required)

View Item View Item