PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA WAYANG BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MUATAN LOKAL BAHASA JAWA KELAS V SD NEGERI 1 MANYARAN KABUPATEN BOYOLALI


Nadya Arifia Putri, 1401419152 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA WAYANG BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MUATAN LOKAL BAHASA JAWA KELAS V SD NEGERI 1 MANYARAN KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419152_Nadya Arifia Putri - Nadya Arifia Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa merupakan salah satu pembelajaran muatan lokal yang ada di sekolah dasar. Berdasarkan data pra-penelitian di SD Negeri 1 Manyaran melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan terdapat sejumlah permasalahan mengenai pembelajaran Bahasa Jawa yakni siswa kesulitan memahami materi cerita wayang berbahasa krama dan keterbatasan media pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Jawa. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti menginisiasi untuk membuat media pembelajaran berupa Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality. Tujuan yang hendak dilakukan yaitu mengembangkan media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality, menguji kelayakan media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality, dan menguji keefektifan media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sementara model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model Borg dan Gall dengan 9 langkah penelitian yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba pemakaian skala kecil, revisi produk, uji coba produk skala besar, dan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Manyaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality sangat layak digunakan dengan presentase nilai dari ahli materi sebesar 92,5% dan ahli media 88,75 %. Sementara itu keefektifan penggunaan media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung > t tabel (21,994> 2,021) maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Uji n-gain diperoleh sebesar 0,59083 yang berarti peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dilihat dari nilai pretest dan posttest berada dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa. Saran bagi media Komik Cerita Wayang Berbantuan Augmented Reality dapat dijadikan referensi atau pendukung pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Bahasa Jawa, media komik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:04
Last Modified: 24 Sep 2024 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63983

Actions (login required)

View Item View Item