Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Smart Apps Creator Materi Zat Tunggal dan Campuran Pada Kelas V SD Negeri Wonosari 01 Kota Semarang


Janatun Naim, 1401419151 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Smart Apps Creator Materi Zat Tunggal dan Campuran Pada Kelas V SD Negeri Wonosari 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419151_Janatun Naim - Janatun Naim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Wonosari 01 Kota Semarang kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran yang berbasis IT. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang masih belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran IPA berbasis Smart Apps Creator materi zat tunggal dan campuran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes (pretest dan posttest) dan nontes (observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket). Teknik analisis data terdiri dari analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Smart Apps Creator sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai hasil validasi dari ahli materi sebesar 90% dan ahli media sebesar 98,3%. Media pembelajaran IPA berbasis Smart Apps Creator efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada uji coba skala kecil sebesar 24,5 dan skala besar sebesar 19,5. Hasil N-gain uji coba skala kecil sebesar 0,65 dan skala besar sebesar 0,52 dan termasuk kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis Smart Apps Creator layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran materi zat tunggal dan campuran. Saran penelitian ini adalah digunakannya media pembelajaran IPA berbasis Smart Apps Creator dalam pembelajaran dan pengembangan yang serupa pada muatan pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, Smart Apps Creator, Zat Tunggal dan Campuran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:01
Last Modified: 24 Sep 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63981

Actions (login required)

View Item View Item