PERAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION MEMEDIASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, WEBSITE QUALITY, SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING


Fadillah Jannah, 7101418296 (2022) PERAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION MEMEDIASI PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, WEBSITE QUALITY, SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418296_Fadillah Jannah - Fadillah Jannah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Impulse buying didefinisikan sebagai pembelian yang tidak reflektif, sebenarnya tidak diharapkan namun terjadi secara spontan, diiringi dengan munculnya keinginan yang mendadak untuk membeli produk tertentu seringkali barang yang dibeli tidak sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Peran Hedonic Shopping Motivation Memediasi Pengaruh Shopping Lifestyle, Website Quality, Sales Promotion Terhadap Impulse Buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 1.009 Mahasiswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan standard error 5% sebanyak 287 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan shopping lifestyle, website quality, sales promotion dan hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Kedua, website quality tidak berpngaruh terhadap hedonic shopping motivation. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan shopping lifestyle dan sales promotion terhadap impulse buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel mediasi. Keempat, tidak terdapat pengaruh website quality terhadap impulse buying melalui hedonic shopping motivation sebagai variabel mediasi Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa impulse buying dipengaruhi oleh shopping lifestyle, website quality, sales promotion dan hedonic shopping motivation. Sementara website quality tidak berpengaruh hedonic shopping motivation. Kemudian hedonic shopping motivation mampu memediasi pengaruh shopping lifestyle dan sales promotion terhadap impulse buying. Serta hedonic shopping motivation tidak mampu memediasi pengaruh website quality terhadap impulse buying. Saran dari penelitian ini yaitu agar mahasiswa lebih dapat dapat membuat skala prioritas kebutuhannya agar dapat membedakan kebutuhan yang mana keharusan, kebutuhan, dan keinginan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying, Hedonic Shopping Motivation Memediasi Pengaruh Shopping Lifestyle, Website Quality, Sales Promotion
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:00
Last Modified: 24 Sep 2024 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63979

Actions (login required)

View Item View Item