PENGEMBANGAN AUGEMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD ISLAM TERPADU AVICENNA KABUPATEN REMBANG


Alan Setyo Bawono, 1401419137 (2023) PENGEMBANGAN AUGEMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V SD ISLAM TERPADU AVICENNA KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419137 - Alan Setyo Bawono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media pembelajaran berbasis teknologi yang belum optimal, critical thinking siswa yang rendah, dan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS yang rendah di kelas V SD Islam Terpadu Avicenna. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran sebagai alternatif penyelesaian dari permasalahan pembelajaran IPS di kelas V SD Islam Terpadu Avicenna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan dari media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu pada muatan pelajaran IPS Kelas V SD Islam Terpadu Avicenna pada materi kenampakan alam di wilayah daratan dan perairan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Terpadu Avicenna Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes yang terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kelayakan produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media serta guru dan siswa. Keefektifan produk diuji dengan teknik analisis yaitu uji normalitas, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu pada muatan pelajaran IPS Kelas V SD Islam Terpadu Avicenna Kabupaten Rembang dikembangkan dengan model problem based learning. Media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu sangat layak untuk digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi yaitu 95,33%, ahli media 98,33%, guru 100%, dan siswa 100%. Media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu efektif dalam meningkatkan critical thinking dan hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji t berpasangan dan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji t berpasangan untuk pekerjaan soal uraian pada uji coba skala besar yaitu 0,00 < 0,05. Kemudian, hasil uji t berpasangan untuk pekerjaan soal pilihan ganda uji coba skala besar yaitu 0,00 <0,05 yang dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji n-gain pekerjaan soal uraian pada uji coba skala besar yaitu mengalami peningkatan 79% yang termasuk dalam kategori tinggi. Untuk hasil pekerjaan soal pilihan ganda pada uji coba skala besar mengalami peningkatan 62% yang termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran augmented reality berbasis assemblr edu berhasil dikembangkan, sangat layak digunakan, dan efektif dikembangkan dalam muatan pelajaran IPS Kelas V SD Islam Terpadu Avicenna Kabupaten Rembang. Saran penelitian ini adalah media pembelajaran ini dapat digunakan pada muatan pelajaran lain dengan desain dan inovasi yang lebih menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Augmented Reality, Assemblr Edu, Critical Thinking, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:56
Last Modified: 24 Sep 2024 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63978

Actions (login required)

View Item View Item