PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN KOTA MAGELANG


Anggi Syaferaningsih, 7101418140 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MAN KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418140_ANGGI SYAFERANINGSIH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada abad ini penting dikuasai oleh siswa. Kemajuan teknologi dan informasi memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan terutama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan gadget sebagai sarana belajar, lingkungan belajar, dan kontrol diri terhadap kemampuan berpikir kritis melalui proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS MAN Kota Magelang tahun ajaran 2021/2022 sebesar 173 siswa. Sample pada penelitian ini adalah 121 siswa. Teknik pengambilan sample yaitu proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji linier regresi berganda, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif penelitian ini adalah semua variabel yang digunakan termasuk kedalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan Penggunan gadget, kontrol diri, dan proses pembelajaran ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Lingkungan Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Penggunaan gadget tidak berpengaruh secara signifikan terhadap proses pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Lingkungan belajar dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Proses pembelajaran gagal memediasi pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Proses pembelajaran mampu memediasi pengaruh lingkungan belajar dan kontrol diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MAN Kota Magelang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh penggunaan gadget, kontrol diri, dan proses pembelajaran. Proses pembelajaran ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan kontrol diri. Sedangkan proses pembelajaran dapat memidiasi lingkungan belajar dan kontrol diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Saran dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dapat memanfaatkan kemajuan tekhnologi dalam proses pembelajaran ekonomi guna meningkatkan kemampuan berpikir krtisi, Guru, orang tua, dan siswa harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, sekolah diharapkan meningkatkan sarana dan prasarana guna mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget sebagai Sarana Belajar, Lingkungan Belajar, Kontrol Diri, Proses Pembelajaran Ekonomi, dan Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:41
Last Modified: 24 Sep 2024 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63973

Actions (login required)

View Item View Item