PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARDI SISWA KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS


Firman Aji Setiawan, 1401419127 (2023) PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARDI SISWA KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419127- Firman Aji Setiawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan proses perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Oleh karena itu keberhasilan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa. Faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa antara lain, yaitu peran orang tua dan kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsi pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa; (2) menganalisis dan mendeskripsi pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa; (3) menganalisis dan mendeskripsi pengaruh peran orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas sebanyak 138 siswa dengan sampel sebanyak 103 siswa. Data penelitian ini sudah memenuhi uji prasyarat analisis, yaitu berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis. Uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua (X1) terhadap hasil belajar (Y) siswa SD Negeri se�Gugus Mardi Siswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas (ρ1 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 26,40%.; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas (ρ2 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 22,80%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua (X1) dan Ykebiasaan (X2) belajar terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas V SD se-Gugus Mardi Siswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas (ρ3 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 30,50%. Saran bagi guru, yaitu memberikan motivasi kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran untuk menerapkan kebiasaan belajar yang baik. Selain itu, guru juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang tua siswa. Bagi sekolah, yaitu membuat sarana dan prasarana yang membuat siswa nyaman ketika belajar. Selain itu, sekolah juga disarankan untuk membuat jam khusus kunjungan siswa ke perpustakaan, sehingga anak akan terbiasa untuk membaca buku. Bagi orang tua, yaitu memberikan bimbingan dan motivasi pada siswa ketika di rumah. Bagi peneliti lanjutan, yaitu melakukan penelitian dengan variabel yang berbeda, sehingga dapat menemukan faktor lain yang dapat memengaruhi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kebiasaan Belajar, Peran Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:21
Last Modified: 23 Sep 2024 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63970

Actions (login required)

View Item View Item