KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG


Umi Lestari, 7101418080 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418080.. - Umi Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual merupakan proses pembelajaran dengan mewajibkan siswa untuk belajar dan menghasilkan sebuah karya. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, meningkatkan kecakapan siswa dalam pemecahan masalah dan meningkatkan kreativitas siswa serta meningkatkan kemampuan mengorganisir kelompok dalam menyelesaikan tugas proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI BDP SMK Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI BDP SMK Negeri 9 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam penelitian ini kelas XI BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI BDP 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji paired samples t test dan uji N-Gain score. Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual efekif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 9 Semarang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji paired samples t test sebesar 0,000 > 0,05. Hasil nilai N-Gain score untuk rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,30 ≤ 0,37 < 0,70 dengan kategori sedang. Rata-rata hasil tes akhir sebesar 75,83 dengan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 67%. Ditinjau dari peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen memiliki selisih rata-rata persentase sebesar 34% sehingga mengalami peningkatan sebesar 85% artinya motivasi belajar yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kriteria sangat tinggi dan hasil rata-rata pencapaian indikator aktivitas kelas eksperimen adalah 81% dengan kriteria sangat tinggi. Siswa kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang tinggi didukung dengan aktivitas belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual efekif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 9 Semarang. Saran dari penelitian ini, guru mata pelajaran bisnis online diharapkan dapat menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual untuk materi pelajaran yang lain dan Sekolah diharapkan dapat menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual untuk mata pelajaran yang lain karena efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi, Project Based Learning (PjBL), Media Audio Visual.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:14
Last Modified: 23 Sep 2024 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63965

Actions (login required)

View Item View Item