PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG


Yuliana Evi Safitri, 1401419094 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419094_Yuliana Evi Safitri - Yuliana Evi Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan peneliti di SDN Bringin 02 Kota Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA terkait penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang optimal dan variatif. Kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah pada saat proses pembelajaran. peneliti mengembangkan media komik strip digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media komik strip digital berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada muatan IPA kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan delapan tahapan meliputi 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest), dan non tes (wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi). Teknik analisis yang digunakan uji normalitas, uji t, dan N-gain. Hasil penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran ini berupa media komik strip digital berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan menggunakan aplikasi canva yang dipadukan dengan model Problem Based Learning sebagai satu kesatuan untuk memudahkan peserta didik belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis; 2) Media komik strip digital berbasis Problem Based Learning pada muatan pembelajaran IPA sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 91% kategori sangat layak, ahli materi sebesar 91,17% kategori sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 91,17% kategori sangat layak. Adapun penilaian oleh guru pada uji coba skala besar diperoleh persentase 100% kategori sangat layak dan penilaian peserta didik diperoleh 94,9% kategori sangat layak; 3) Media komik strip digital berbasis Problem Based Learning dinyatakan efektif ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh thirung = 9,393 > ttabel =1,672 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan hasil N-gain sebesar 0,515 dalam kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media komik strip digital berbasis Problem Based Learning berhasil, sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada muatan pelajaran IPA kelas V SDN Bringin 02 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik strip digital, Problem Based Learning, IPA, berpikir kritis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:11
Last Modified: 23 Sep 2024 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63964

Actions (login required)

View Item View Item