PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V DI SEKBIN 1 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES


Kalyca Salsabila, 1401419093 (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS V DI SEKBIN 1 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419093_KALYCA SALSABILA - Kalyca Salsabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang rendah peminat. Hal tersebut disebabkan oleh cara pandang siswa yang menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Oleh sebab itu, adanya keterpaduan pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran berupa video sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa SD kelas V di Sekbin 1 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SD kelas V di Sekbin 1 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes berjumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 117 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi linier ganda, uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) dan analisis determinasi (R 2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian penguatan terhadap motivasi belajar matematika siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 18,4%; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 18,2%; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 23%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran berupa video terhadap motivasi belajar matematika siswa SD kelas V di Sekbin 1 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada kepala sekolah untuk mendukung dan memfasilitasi guru dalam meningkatkan keterampilan pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran melalui kegiatan workshop, seminar, suvervisi atau kegiatan lain yang dapat meningkatkan keterampilan pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran matematika. Selanjutnya disarankan kepada guru untuk berpartisipasi aktif dalam memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, melalui pemberian penguatan dan penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar matematika, pemberian penguatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:09
Last Modified: 23 Sep 2024 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63962

Actions (login required)

View Item View Item