IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN MEDIA KARTU KERJA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SDN SEKARAN 01


A.A. Bagus Tri Rama Antara, 1401419079 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN MEDIA KARTU KERJA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SDN SEKARAN 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419079_A.A. Bagus Tri Rama Antara - A.a. Bagus Tri Rama Antara.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika hingga saat ini masih menjadi mata pelajaran yang menyeramkan menurut sebagian besar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Sekaran 01, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V masih rendah, maka dari itu salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan media power point ditinjau dari kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SD Negeri Sekaran 01 dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experimental. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa dan kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang meliputi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), analisis data awal (uji persamaan rata-rata), dan analisis data akhir (ketuntasan KKM, uji t-test, dan uji n-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji ketuntasan pada kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan tidak kurang dari 75% sedangkan pada kelas kontrol tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hasil uji t-test memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 sehingga terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, hasil uji n-gain yang memperoleh hasil sebesar 0,65 pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,72, serta hasil rata-rata persentase pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan pertama yang memperoleh hasil sebesar 65,6%, kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 68,7%, dan pada pertemuan ketiga menjadi 70,7%, hingga pada pertemuan keempat mengalami peningkatan menjadi 73,1%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja lebih efektif dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran ekspositori dengan media power point ditinjau dari kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika materi pengolahan data kelas V SD Negeri Sekaran 01 dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja dapat meningkatkan rata-rata persentase aktivitas siswa di setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: soal cerita matematika, model NHT, media kartu kerja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:04
Last Modified: 23 Sep 2024 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63959

Actions (login required)

View Item View Item