KEEFEKTIFAN APLIKASI EDMODO DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 TEGAL


Nurul Khaenun Nisa, 7101418040 (2022) KEEFEKTIFAN APLIKASI EDMODO DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418040_NURUL KHAENUN NISA - Nurul Khaenun Nisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan yang terus maju mendorong setiap lembaga pendidikan untuk menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Media edmodo merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang memiliki tampilan seperti sosial media. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi edmodo diharapkan dapat membantu siswa untuk aktif dalam berkomunikasi, mampu menyampaikan gagasan, menganalisis masalah dan membuat kesimpulan sehingga dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan aplikasi edmodo dalam pembelajaran berbasis ICT terhadap kemampuan berpikir kritis ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tegal dengan populasi siswa kelas X IPS sebanyak 172 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dengan teknik ini diperoleh kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, lembar validasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media edmodo memperoleh persentase sebesar 86,28% dengan kategori sangat valid. Rata-rata tes awal sebesar 48,68 meningkat pada nilai tes akhir menjadi 77,21. Uji t menunjukkan nilai t hitung 6,130>t tabel 1,996, artinya penggunaan aplikasi edmodo dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa . Uji N-Gain menunjukkan nilai mean kelas eksperimen adalah 0,556 berada pada kategori sedang dan nilai mean kelas kontrol adalah 0,308 berada pada kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi edmodo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Saran dari penelitian ini, siswa dapat menggunakan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi untuk bertukar pikiran dan menyampaikan gagasannya sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang variatif untuk materi manajemen dan juga materi ekonomi lainnya. Sekolah dapat melaksanakan pembelajaran dengan media yang serupa untuk mata pelajaran ekonomi dan juga untuk mata pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Edmodo, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:02
Last Modified: 23 Sep 2024 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63957

Actions (login required)

View Item View Item