PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V A SD NEGERI BATURSARI 5 DEMAK


Annisa Chandra Zhafirah, 1401419072 (2023) PENGEMBANGAN KOMIK ELEKTRONIK INTERAKTIF MATERI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V A SD NEGERI BATURSARI 5 DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419072 - Annisa Chandra Zhafirah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yang ditemukan pada saat pra penelitian bahwa guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga menurunkan minat belajar peserta didik dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas V A SD Negeri Batursari 5 Demak pada mata pelajaran IPAS khususnya pembelajaran IPS materi letak geografis Indonesia. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi IPS letak geografis Indonesia ditunjukkan dengan sebanyak 61,5% peserta didik dalam kelas memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan oleh guru dan peserta didik maka peneliti mengembangkan Komik Elektronik Interaktif Materi Letak Geografis Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Komik Elektronik Interaktif Materi Letak Geografis Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg & Gall dengan mengacu pada langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumen, angket, dan tes tertulis. Teknik analisis data terhadap pengembangan produk berupa analisis angket kebutuhan, analisis kelayakan media oleh ahli materi dan ahli media, dan analisis tanggapan guru dan peserta didik, sedangkan analisis data terhadap keefektifan produk berupa analisis data awal yaitu uji normalitas dan analisis data akhir yaitu uji t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan megacu pada langkah-langkah penelitian menurut Sugiyono yang telah dimodifikasi hingga tahap ke delepan yaitu uji coba pemakaian; (2) uji kelayakan oleh ahli materi dan media masing-masing memperoleh persentase penilaian sebesar 93,75% dan 100% dengan kriteria sangat layak; (3) uji keefektifan ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan rata-rata atau uji t diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest dengan peningkatan rata-rata (N�gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Komik Elektronik Interaktif Materi Letak Geografis Indonesia sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi letak geografis Indonesia di kelas V A SD Negeri Batursari 5 Demak. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Komik Elektronik Interaktif Materi Letak Geografis Indonesia perlu memperhatikan beberapa hal yaitu: 1) memperbaiki kombinasi warna yang lebih cerah; 2) menggunakan ilustrasi yang lebih jelas; dan 3) menggunakan video pembelajaran sebagai penunjang materi dengan durasi yang lebih singkat agar efisien dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, komik elektronik interaktif, letak geografis Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:59
Last Modified: 23 Sep 2024 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63956

Actions (login required)

View Item View Item