PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SMART APPS CREATOR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SDN 1 PERON KENDAL


Mutiara Jihan Pratiwi, 1401419054 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SMART APPS CREATOR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SDN 1 PERON KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419054_Mutiara Jihan Pratiwi - Mutiara Jihan Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran PPKn adalah salah satu pembelajaran yang wajib diberikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN 1 Peron Kendal ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran PPKn yang belum maksimal. Belum adanya pendayagunaan media pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan rendahnya minat, motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Maka peneliti mengembangkan media interaktif Smart Apps Creator berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V SDN 1 Peron Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui keefektifan media interaktif Smart Apps Creator berbasis Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran PPKn kelas V SDN 1 Peron Kendal. Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disesuaikan dengan Sugiyono. Dalam penelitian ini dilakukan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) mengumpulkan data; (3) desain produk; (4) uji coba produk (skala kecil); (5) revisi desain; (6) validasi desain; (7) revisi produk; (8) uji coba produk (skala besar). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Peron Kendal. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan produk media interaktif Smart Apps Creator berbasis Contextual Teaching and Learning dengan 6 menu yaitu (1) menu petunjuk; (2) menu kompetensi; (3) menu materi; (4) menu quiz; (5) daftar pustaka; (6) menu profil. Media interaktif Smart Apps Creator berbasis Contextual Teaching and Learning sangat layak digunakan dengan presentase penilaian ahli materi sebesar 98% dengan kriteria sangat layak dan ahli media sebesar 97% dengan kriteria sangat layak. Media interaktif yang dikembangkan juga efektif untuk digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan menggunakan paired sample t-test dengan thitung -8,27, dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2,02. Sehingga menghasilkan thitung > ttabel yaitu -8,27 > 2,02, maka terdapat perbedaan hasil nilai pretest dan posttest. Peningkatan rata�rata (N-Gain) diperoleh 0,497 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media interaktif Smart Apps Creator berbasis Contextual Teaching and Learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PPKn. Penggunakan media menunjukkan adanya peningkatan hasil pretest dan postest. Sehingga media dapat digunakan untuk pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Smart Apps Creator, CTL, PPKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:46
Last Modified: 23 Sep 2024 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63949

Actions (login required)

View Item View Item