PENGARUH KEADAAN FAKTOR PRODUKSI, KUALITAS PRODUK, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP DAYA SAING INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN PATI
Mar‟atus Sholihah, 7101416303 (2022) PENGARUH KEADAAN FAKTOR PRODUKSI, KUALITAS PRODUK, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP DAYA SAING INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Daya saing merupakan kemampuan perusahaan atau industri dalam mendorong kinerja sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas produksi untuk menjadi industri yang lebih baik dan lebih unggul. Dengan daya saing yang lebih unggul dari pesaingnya maka perusahaan atau industri dapat mencapai keunggulan bersaing nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadaan faktor produksi, kualitas produk, dan strategi pemasaran terhadap daya saing industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengusaha pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Jumlah sampel sebanyak 76 pengusaha dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keadaan faktor produksi, kualitas produk, dan strategi pemasaran secara simultan berpengaruh positif terhadap daya saing sebesar 66,1%. Sedangkan secara parsial keadaan faktor produksi berpengaruh sebesar 58,7%, kualitas produk berpengaruh sebesar 6,10%, dan strategi pemasaran berpengaruh sebesar 8,60% terhadap daya saing industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keadaan faktor produksi, kualitas produk, dan strategi pemasaran mampu meningkatkan daya saing pada industri tepung tapioka di Kabupaten Pati. Saran yang diberikan bagi pengusaha industri tepung tapioka supaya mengembangkan program pemasarannya dan berupaya untuk menekan biaya produksi agar harga tepung tapioka lebih murah daripada harga impor. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji penelitian tentang daya saing menggunakan variabel lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya Saing, Faktor Produksi, Kualitas Produk, Strategi Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63948 |
Actions (login required)
View Item |