ANALISIS MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN BANJARANYAR 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES
Indar Listia Ningsih, 1401419040 (2023) ANALISIS MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN BANJARANYAR 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya sebagai bagian dari proses pengajaran ilmu bahasa yang dipakai di Indonesia. Berbagai upaya meningkatkan minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kelancaran siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) mendeskripsikan dan menganalisis kaitan minat belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN Banjaranyar 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes; (2) faktor penyebab minat belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN Banjaranyar 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes; (3) mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia di kelas V SDN Banjaranyar 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V SDN Banjaranyar 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat keterkaitan antara minat dengan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas V yakni sudah memuaskan yang dibuktikan dengan perolehan nilai diatas KKM pada buku induk siswa. Hasil belajar yang tinggi dipengaruhi oleh minat siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia; (2) terdapat faktor yang menyebabkan minat belajar yakni faktor internal dari dalam keniatan diri siswa untuk belajar bahasa Indonesia. Sedangkan faktor eksternal dari luar yakni dipengaruhi oleh metode pengajaran guru yang bervariasi, kondisi lingkungan keluarga yang kurang memerhatikan gaya belajar siswa, dan kurangnya kelengkapan sarana prasarana di sekolah; (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia dengan cara mengadakan pembiasaan budaya literasi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai selama lima belas menit dan guru mengarahkan kepada siswa yang memiliki kendala dalam membaca pemahaman agar ke perpustakaan yang didampingi oleh guru BP. Ada beberapa saran bagi pihak terkait antara lain bagi guru, menggunakan metode berkelompok bervariasi, menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta mengupayakan pemahaman mendalam bersama dengan siswa yang memiliki perbedaan dalam memahami arahan dan penjelasan dari guru. Bagi sekolah, melakukan pemenuhan sarana dan prasarana seperti LCD dan proyektor disetiap tingkatan kelas. Bagi peneliti lanjutan, dapat menelaah lebih jauh tentang minat belajar siswa yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia yang diperoleh menjadi optimal dan memuaskan, serta hasil belajar dapat diteliti lebih lanjut secara mendalam tentang minat belajar yang dimiliki oleh siswa berdasarkan indikator hasil belajar, seperti bakat atau kemauan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Minat, Minat Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63947 |
Actions (login required)
View Item |