ANALISIS KARAKTER KREATIF MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN KETANGGUNGAN 02 KABUPATEN BREBES


Maya Khumaya, 1401419039 (2023) ANALISIS KARAKTER KREATIF MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN KETANGGUNGAN 02 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419039_MAYA KHUMAYA - Maya Khumaya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Pendidikan merupakan proses bagi seorang anak manusia untuk menemukan hal yang paling penting dalam kehidupannya, yakni terbebas dari segala hal yang mengekang dari kemanusiaanya menuju kehidupan yang penuh dengan kebebasan. Banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting, tapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Melihat pada fakta yang terdapat di lapangan pada saat ini masih kurang dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan ilmiah pada diri siswa khususnya dalam kegiatan pembelajaran IPA melalui Model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk karakter kreatif melalui Model Discovery Learning dalam pembelajaran IPA; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung bentuk karakter kreatif melalui Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA; (3) Mendeskripsikan faktor penghambat bentuk karakter kreatif melalui Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SDN Ketanggungan 02 Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala SDN Ketanggungan 02, Guru Kelas IV, Siswa kelas IV SDN Ketanggungan 02 Kabupaten Brebes. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini mengunakan analisis data model Miles dan Huberman, dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk karakter kreatif dalam pembelajaran IPA melalui model Discovery Learning seperti siswa mampu membuat es krim dan mendaur ulang barang bekas yang dijadikan bunga; (2) Faktor pendukung kegiatan pembelajaran seperti minat & perhatian siswa, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lingkungan sekolah; (3) Faktor penghambat dalam kegiatan pembelajaran seperti daya ingat siswa, sarana & prasarana sekolah, motivasi belajar dan media komunikasi. Ada beberapa saran ditunjukan bagi pihak terkait antara lain bagi siswa, berusaha aktif dan berani bertanya ketika menjumpai materi pelajaran yang kurang dipahami dan berusaha belajar dengan tekun dengan berlatih secara terus-menerus baik di sekolah maupun di rumah supaya paham semua materi pelajaran khususnya pada materi IPA. Bagi guru dalam menjalin interaksi dengan siswa dilakukan dengan sabar sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dicapai dan membuat kegiatan belajar agar lebih berwarna melalui media pembelajaran. Bagi sekolah untuk menambahkan fasilitas, alat-alat dan media pembelajaran yang menunjang proses kegiatan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Karakter, Kreatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:41
Last Modified: 23 Sep 2024 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63946

Actions (login required)

View Item View Item