PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL BERBANTUAN WEB ANYFLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V B SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG


Dheti Puspita, 1401419033 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL BERBANTUAN WEB ANYFLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS NONFIKSI SISWA KELAS V B SDN WONOSARI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419033_Dheti Puspita -.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil prapenelitian dengan guru kelas V B SDN Wonosari 03 Kota Semarang ditemukan permasalahan yaitu penggunaan bahan ajar yang belum memanfaatkan IT atau berbasis digital dan terbatas pada penggunaan buku cetak. Kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan masih rendah. Sehingga dalam menyelesaikan soal siswa masih kesulitan, hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia masih rendah, terdapat 16 siswa (57,14%) dari 28 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan bahan ajar berbasis digital berbantuan web anyflip untuk membaca pemahaman teks nonfiksi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan teori Borg and Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Wonosari 03 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji normalitas, uji t, dan uji N�Gain. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Peneliti berhasil mengembangkan bahan ajar berbasis digital berbantuan web anyflip. 2) Bahan ajar berbasis digital berbantuan web anyflip sangat layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian ahli media diperoleh persentase 89,6% dan penilaian ahli materi diperoleh persentase 89,8% dengan kategori sangat layak. Adapun penilaian oleh guru dan siswa pada uji coba skala kecil, dari penilaian guru diperoleh persentase 98,75% dan penilaian siswa diperoleh persentase 92,5% dengan kategori sangat layak. 3) Bahan ajar berbasis digital berbantuan web anyflip efektif digunakan. Hal ini ditunjukkan dengan uji t diperoleh -thitung -10,653 lebih kecil dari -ttabel -1,6736 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,65 dengan kriteria sedang dengan selisih rata-rata pretest dan posttest sebesar 36,88. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis digital berbantuan web anyflip berbentuk e-book yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V B SDN Wonosari 03 materi menentukan peristiwa penting yang terdapat pada teks nonfiksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Digital, Membaca Pemahaman, Teks Nonfiksi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:36
Last Modified: 23 Sep 2024 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63943

Actions (login required)

View Item View Item