PENGARUH PRESTASI AKADEMIK, LITERASI DIGITAL, DAN MINAT TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018
Okta Kissita Fajar Paramita, 7101415084 (2022) PENGARUH PRESTASI AKADEMIK, LITERASI DIGITAL, DAN MINAT TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2018. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan menjadi guru adalah keseluruhan kondisi seseorang baik fisik dan mental yang meliputi kesehatan tubuh yang baik; minat dan motivasi yang tinggi untuk berprofesi menjadi guru; serta menguasai kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh prestasi akademik, literasi digital, dan minat terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 187 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 dalam kategori tinggi, prestasi akademik dalam kategori memuaskan, literasi digital dalam kategori sangat tinggi, dan minat dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan prestasi akademik, literasi digital, dan minat mahasiswa berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan menjadi guru jurusan pendidikan ekonomi universitas negeri semarang. Prestasi akademik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Literasi digital dan minat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru memberikan pengaruh parsial sebesar 5,52%; Literasi digital memberikan pengaruh parsial sebesar 47,61%; dan minat memberikan pengaruh sebesar 22,65%. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi akademik, literasi digital, dan minat terhadap kesiapan menjadi guru memberikan pengaruh simultan. Sementara itu, secara parsial variabel prestasi akademik tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru, sedangkan variabel literasi digital dan minat secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran yang dapat diberikan yaitu berkaitan dengan penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya menggunakan IPK sebagai indikator prestasi akademik, namun dapat ditambahkan dengan indikator lain meliputi keterampilan dan soft skill
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan menjadi guru, prestasi akademik, literasi digital, minat. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:32 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63940 |
Actions (login required)
View Item |