KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS TEKS NONFIKSI KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA PATI


Linda Setianti, 1401419008 (2023) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENULIS TEKS NONFIKSI KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419008_LINDA SETIANTI - Linda Setianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Pati, diperoleh informasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks nonfiksi masih perlu ditingkatkan. Permasalahan yang ditemukan antara lain model pembelajaran yang digunakan belum efektif, siswa kesulitan memahami materi pembelajaran, dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang memiliki ketuntasan <50% dari KKM yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan model mind mapping berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar materi menulis teks nonfiksi kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Pati. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequivelen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, diperoleh SDN Mojoagung 02 kelas A dengan 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Mojoagung 02 kelas B dengan 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81,00 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 66,40. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, powtoon, menulis teks nonfiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:27
Last Modified: 23 Sep 2024 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63938

Actions (login required)

View Item View Item