PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN CANVA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI BRINGIN 02 KOTA SEMARANG


Venny Aprilia, 1401419006 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN CANVA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI BRINGIN 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419006_VENNY APRILIA - Venny Aprilia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra-penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di kelas V SD Negeri Bringin 02 Kota Semarang, ditemukan permasalahan pada pembelajaran IPA cenderung belum memiliki hasil belajar yang maksimal. Hal ini, dipengaruhi oleh sumber belajar yang kurang, minimnya media pembelajaran berbasis IT, dan model pembelajaran yang kurang variatif mengakibatkan siswa menjadi bosan selama pelaksanaan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana desain, kelayakan, dan keefektifan bahan ajar E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning kelas V SD Negeri Bringin 02 Kota Semarang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini mengambil 8 tahapan yaitu : (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Uji Coba Pemakaian; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data akhir uji T berupa paired sample t-test dan N-Gain. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning sangat layak digunakan persentase penilaian oleh ahli materi yaitu sebesar 82% kriteria (sangat layak) dan ahli media sebesar 88% kriteria (sangat layak). Media pembelajaran E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning dinyatakan efektif digunakan dibuktikan hasil uji t-test menggunakan paired sample t-test didapatkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 19,8566 >2,0796 Hο ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain pretest dan posttest siswa didapatkan sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Kemudian berdasarkan angket tanggapan guru dan siswa diperoleh persentase 100%. Simpulan dari penelitian yaitu bahan ajar E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Saran pengembangan E-Modul berbantuan Canva dengan model Problem Based Learning bisa diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Problem Based Learning, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:24
Last Modified: 23 Sep 2024 06:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63937

Actions (login required)

View Item View Item