PENGARUH SELF-CONCEPT, MOTIVASI BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MUHAMAD SJAFEI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG
Wahyu Wijiwati, 1401419005 (2023) PENGARUH SELF-CONCEPT, MOTIVASI BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MUHAMAD SJAFEI KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Self-concept, motivasi belajar dan resiliensi matematis merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa Self-concept, motivasi belajar dan resiliensi matematis siswa kelas V masih rendah, serta kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 134 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian di transformasikan dengan Method Succesive Interval. Selanjutnya analisis data, sebelum analisis data dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heterokesdastisitas, dan auto korelasi. Setelah data memenuhi uji persyarat, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-concept terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,810 dengan kriteria sangat kuat; (2) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika diperoleh nila koefisien korelasi 0,833 dengan kriteria sangat kuat; (3) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika siswa diperoleh nilai koefisien korelasi 0,930 dengan kriteria sangat kuat; (4) tedapat terdapat pengaruh yang positif dan signifkan antara self�concept, motivasi belajar, dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika siswa diperoleh nilai koefisien korelasi 0,954 dengan kriteria sangat kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh yang positif dan signifkan antara self-concept, motivasi belajar, dan resiliensi matematis secara bersama-sama terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-concept, Motivasi, Resiliensi matematis dan Kemampuan menyelesaikan soal HOTS matematika |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63935 |
Actions (login required)
View Item |