PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA FABEL POLA LANTAI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS V SD NEGERI TAMBAHARJO 01 KABUPATEN PATI


Vika Arum Cahya Devi, 1401419004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA FABEL POLA LANTAI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS V SD NEGERI TAMBAHARJO 01 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401419004_Vika Arum Cahya Devi - Vika Arum Cahya Devi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran seni tari di sekolah memiliki peran untuk mengembangkan kemampuan diri siswa dalam berekspresi, menumbuhkembangkan kemampuan dan kesadaran siswa dalam mengapresiasi keragaman budaya lokal dan global. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas V SD Negeri Tambaharjo 01 Kabupaten Pati melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terdapat permasalahan media pembelajaran yang terbatas pada pembelajaran seni tari sehingga menyebabkan siswa kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Saat mengajarkan materi seni tari guru kurang menguasai materi secara mendalam yang berkaitan dengan seni tari. Guru dalam melakukan pengkondisian kelas belum bisa maksimal. Guru saat mengajarkan materi seni tari hanya terfokus pada beberapa anak saja. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) mengembangan desain media pembelajaran cerita fabel pola lantai (2) mengetahui hasil kelayakan media cerita fabel pola lantai; dan (3) menguji keefektifan media cerita fabel pola lantai. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tambaharjo 01 Kabupaten Pati yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data mencakup analisis data awal, dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan n-gain. Penelitian menghasilkan: (1) Pengembangan media pembelajaran cerita fabel pola lantai; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil presentase sebesar 87,5% dari ahli media dan 95% dari ahli materi; (3) media dinyatakan efekif ditinjau dari hasil peningkatan rata-rata pretest 58 dan posttest 79,6 dengan n-gain sebesar 0,50 termasuk dalam kriteria sedang. Pada pengujian t-test menunjukkan adanya perbedaan yaitu hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran cerita fabel pola lantai layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran seni tari untuk kelas V SD Negeri Tambaharjo 01 Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, pembelajaran, pola lantai, seni tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:45
Last Modified: 23 Sep 2024 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63934

Actions (login required)

View Item View Item