PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDN 01 SOWAN KIDUL KABUPATEN JEPARA


Listiyawati Ningsih, 1401418059 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDN 01 SOWAN KIDUL KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401418059_LISTIYAWATI NINGSIH - Listiyawati Ningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra-penelitian yang dilakukan di kelas VI SDN 01 Sowan Kidul Kabupaten Jepara diketahui siswa tidak memahami materi yang diajarkan karena pembelajaran yang kurang berkesan sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Permasalahan ini terdapat pada pembelajaran IPA yaitu guru menggunakan media buku tebal seperti buku tematik dan LKS yang berisi lebih banyak teks daripada gambar sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang inovatif agar siswa lebih berkesan dan memahami pembelajaran IPA yaitu dengan penggunaan media pembelajaran pop-up book. Dengan adanya media pembelajaran pop-up book, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar, terutama pada muatan IPA KD 3.5 dengan materi pokok sifat sifat magnet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, and evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 6 SDN 01 Sowan Kidul yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara untuk memperoleh data pra�penelitian, angket untuk memperoleh data kebutuhan guru, penilaian validasi media pembelajaran, tanggapan siswa dan guru, serta dokumentasi untuk memperoleh hasil belajar IPA. Teknik analisis data dilakukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media berupa analisis data produk, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan guru membutuhkan media pembelajaran pop�up book pada muatan pelajaran IPA. Pengembangan media pembelajaran pop-up book dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase kelayakan yaitu 95,3% dan 88,4% oleh ahli media dengan kategori sangat layak. Hasil tanggapan guru dan siswa memperoleh hasil 100% dengan kategori sangat layak. Didukung dengan hasil perolehan uji hipotesis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji N-Gain pada uji kelompok kecil 0,861812 dengan kriteria tinggi dan pada kelompok besar 0,544469 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran pop-up book sangat layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pelajaran IPA materi sifat-sifat magnet di kelas VI SDN 01 Sowan Kidul Kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Pop-up Book
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:32
Last Modified: 23 Sep 2024 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63929

Actions (login required)

View Item View Item