PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS ADOBE FLASH MUATAN PELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PLOSOSARI KECAMATAN PATEAN KENDAL


Wahyu Dhani Aryanti, 1401416296 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS ADOBE FLASH MUATAN PELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PLOSOSARI KECAMATAN PATEAN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416296_Wahyu Dhani Aryanti - wahyudhani 94.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil pra penelitian di SD Negeri 3 Plososari menunjukan bahwa muatan PPKn di kelas IV belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini dikarenakan belum adanya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru hanya menggunakan buku guru dan buku siswa dalam menyampaikan materi. Berdasarkan data kegiatan prapenelitian di kelas IV SD Negeri 3 Plososari terdapat permasalahan terkait kurangnya kemampuan siswa untuk memahami materi, yang disebabkan siswa kurang aktif atau pasif karena muatan pembelajaran PPKn materi berbentuk formal dan abstrak. Untuk mengatasi permalasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada muatan PPKn yang bertujuan : (1) Mengembangkan media pembelajaran; dan (2) Menguji validitas penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash muatan pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah – langkah penelitian dan pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi berdasarkan kondisi Covid-19 yaitu potensi dan masalah, penumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, serta produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi =, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan analisis data berupa angket kebutuhan guru dan siswa serta analisis kelayakan media. Media pembelajaran berbasis Adobe Flash muatan pembelajaran PPKn materi keragaman karakteristik ind’ividu dinyatakan layak digunakan oleh ahli media dengan presentase kelayakan yaitu 83,92% dan oleh ahli materi dengan presentase sebesar 80% kategori layak. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berbassis Adobe Flash muatan pembelajaran PPKn layak digunakan dalam pembelajaran materi keragaman karakteristik individu. Saran peneliti yaitu agar media digunakan sebagaimana mestinya terkait kegiatan pembelajaran dan agar dilakukan pendampingan dan pengawasan dalam penggunaannya. Simpulan penelitian ini yaitu media permbelajaran Adobe Flash layak digunakan dalam muatan PPKn materi Keberagaman Karakteristik Individu untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan diminati oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, adobe flash, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:09
Last Modified: 23 Sep 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63921

Actions (login required)

View Item View Item