PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MI RIYATUL ATHFAL KOTA DEPOK


Hervina Dwi Mustika, 1401416152 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MI RIYATUL ATHFAL KOTA DEPOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401416152_HERVINA DWI MUSTIKA - hervina dwi mustika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

IPS merupakan salah satu muatan pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas IV MI Riyatul Athfal, Kota Depok, diketahui bahwa hasil belajar IPS materi keanekaragaman ekonomi masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik karena belum menggunakan media yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Multimedia Adobe Flash, menguji kelayakan pengembangan Multimedia Adobe Flash, serta menguji keefektifan Multimedia Adobe Flash terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Riyatul Athfal, Kota Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif de�ngan jenis penelitian yaitu research and development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg & Gall meliputi tahap mengumpulkan informasi dan memecahkan masalah, mengumpulan data, mendesain produk, memvalidasi desain, merevisi desain, menguji coba produk, merevisi produk, dan menguji coba pemakaian. Teknik pe�ngambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dila�kukan dengan uji kelayakan dan uji keefektifan media. Teknik analisis data meng�gunakan analisis data awal dengan Uji normalitas data (Kolmogorov Smirnov) dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 89,06% (sangat layak) dan oleh ahli media diperoleh skor 95,83% (sangat layak) dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai t_hitung = 37,02 dan t_tabel = 2,030. Atau diperoleh t_hitung = 37,02 > t_tabel = 2,030 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian adalah Multimedia Adobe Flash efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi pada mata pelajaran IPS. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan Multimedia Adobe Flash sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, Multimedia, Ilmu Pengetahuan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:56
Last Modified: 23 Sep 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63917

Actions (login required)

View Item View Item