EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPAS


Amanda Sofi Cahyadewi, 1102419066 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102419066_Amanda Sofi Cahyadewi_Skripsi Full - Amanda Sofi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang membuat proses pembelajaran IPAS kurang berjalan dengan baik yaitu guru kurang inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran, guru masih bertahan dengan metode konvensional membuat siswa tergolong pasif sehingga minat belajar siswa menurun dan menjadi kurang tertarik dengan pembelajaran IPAS sehingga hasil belajar pun ikut menurun. Pemilihan model project based learning berbantuan LKPD dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang aktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat keefektifan model project based learning berbantuan LKPD terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi transformasi energi. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil uji hipotesis 1 keefektifan minat belajar menggunakan one sample t-test menunjukkan thitung > ttabel (4,959 > 1,67109) dan nilai signifikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil dari uji hipotesis 2 keefektifan hasil belajar menggunakan one sample t-test menunjukkan thitung > ttabel (3,285 > 1,67109) dan nilai signifikansi ≤ 0,05 (0,002 < 0,05). Hasil uji hipotesis 3 untuk melihat perbedaan signifikansi hasil belajar menggunakan independent sample t-test menunjukkan menunjukkan thitung > ttabel (3,603 > 2,00172) dan nilai signifikansi ≤ 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan LKPD efektif terhadap minat dan hasil belajar IPAS materi transformasi energi kelas IV SD Negeri Kagok 01. Disarankan untuk guru dapat mempersiapkan serta memilih model dan media pembelajaran yang menarik perhatian minat belajar siswa sehingga menciptakan pembelajaran yang aktif dan perlunya pemberian pretest untuk mengetahui kemampuan awal dan kesiapan siswa dalam menerima materi baru yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar, dan IPAS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:40
Last Modified: 23 Sep 2024 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63910

Actions (login required)

View Item View Item