PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAME EDUKASI SEJARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MTs ROUDLOTUSY SYIFA SEMARANG


Rizq Ramadhan Adi Nugroho, 1102419065 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA GAME EDUKASI SEJARAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MTs ROUDLOTUSY SYIFA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102419065 - Rizq Ramadhan Adi Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan game edukasi dalam pendidikan membantu merangsang pengetahuan kognitif siswa seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Inovasi dalam bidang pembelajaran digital ditandai dengan banyaknya kecenderungan masyarakat menggunakan sistem digital dalam pelayanan pembelajarannya. Dari hasil observasi yang telah dilakukan masih terdapat rendahnya hasil belajar siswa tentang materi sejarah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah guna mengembangkan media pembelajaran sejarah bagi siswa kelas VII SMP/MTS dan mengetahui kelayakan game serta efektifitasnya untuk meningkatkan hasil berlajar dalam proses pembelajaraan siswa. Fokus utama penelitian ini merupakan mengembangkan media pembelajaran IPS digital yakni game manusia praaksara bagi siswa kelas VII yang dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dan metode ADDIE. Sampel penelitian adalah 24 siswa kelas VII MTs Roudlotus Syifa semarang, sampel diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data berasal dari uji ahli dan uji lapangan. teknik pengumpulan menggunakan kuisioner pre test post test Proses analisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk, t – test, uji N – Gain dan Uji Man Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia game pembelajaran sejarah Manusia Zaman Praaksara dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE, melalui tahapan analisis, design, tahap design peta kompetensi, peta materi, flowchart, gambaran besar isi dan naskah media, selanjutnya tahap pengembangan development, implementasi, dan evaluasi secara formatif dan sumatif. Diperoleh hasil uji kelayakan oleh ahli 97% oleh ahli 1 dan 98,5% oleh ahli 2 dengan kategori sangat layak dengan perbaikan teks, beground warna, serta mengacak game. Nilai kelayakan oleh ahli materi pada kelayakan isi sebesar 93,75%, kelayakan bahasa 96,8%, serta kesesuaian isi 91,67% sangat layak. Hasil prestet siswa diperoleh hasil rata – rata 68,33, post test 86,87. Hasil uji t test diperoleh 0,00 dan hasil uji manwithney 0,000 < 0,05 serta nilai N gain 61% dalam kategori sedang sehingga hasil disimpulkan adanya perbedaan hasil sebelum dan sesudah menggunakan game pembelajaran Manusia Zaman Praaksara dan game pembelajaran praaksara cukup efektif dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran Digital, Sejarah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:37
Last Modified: 23 Sep 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63908

Actions (login required)

View Item View Item