STUDI FENOMENOLOGI PERSEPSI GURU TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 PABUARAN WETAN


Rani Puspita Sari, 1102419007 (2023) STUDI FENOMENOLOGI PERSEPSI GURU TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 PABUARAN WETAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102419007_Rani Puspita Sari - Rani Puspita Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kebijakan baru yang dikuarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebagai salah satu opsi sekolah untuk pemulihan pembelajaran karena terdampak dari adanya Covid-19. Namun pada pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah masih terdapat banyak masalah yang ditemui dan belum terselesaikan dengan baik. Hal ini jika terus berlanjut maka akan mengakibatkan hasil yang diharapkan dengan adanya kurikulum merdeka ini tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, guru sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam proses pembelajaran peserta didik harus mempunyai pengetahuan yang dalam terhadap kurikulum merdeka tersebut. Maka sebelum memberikan pembelajaran guru harus membangun persepsinya terhadap kurikulum merdeka itu sendiri, agar guru tidak salah dalam memberikan pembelajaran untuk peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kurikulum merdeka serta faktor yang mempengaruhi guru dalam memehami kurikilum merdeka di SDN 1 Pabuaran Wetan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif fenomenologi. Sample menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Guru yang sudah menerapakan kurikulum merdeka di kelas memiliki persepsi bahwa kurikulum merdeka itu kurikulum yang konsepnya kembali lagi pada konsep lama, dimana mata pelajarannya global. Adanya kurikulum merdeka guru dimudahkan penilainnya, dimana pada kurikulum merdeka penilaiannya tidak lagi menggunakan KD sehingga guru yang sudah berumur lebih mudah untuk menilai siswa, 2) Guru yang belum menerapkan kurikulum merdeka di dalam kurikulum yang menuntut guru untuk lebih berinovasi dalam setiap pembelajarannya agar siswa dapat melatih dan mengembangkan potensi yang dimilikinya, 3) faktor yang mempengaruhi guru dalam memahami kurikulum merdeka yaitu, melawan rasa malas, guru belum meninggalkan pembelajaran lama, dukungan dari pemerintah setempat maupun pemerintah pusat, menambah pelatihan untuk guru-guru, dan sarana dan prasana yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru, kurikum merdeka, faktor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:28
Last Modified: 23 Sep 2024 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63903

Actions (login required)

View Item View Item