IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI PONDOK TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN KUDUS


Ahmad Abdullah Mu’afa, 1102418074 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI PONDOK TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102418074_Ahmad Abdullah Mu'afa - abdullah mu'afa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal mendasar yang penting dalam kehidupan manusia sebagai proses pembentukan seorang individu. Pondok Pesantren menjadi salah satu rujukan pendidikan di Indonesia yang dapat memberikan pengetahuan agama maupun umum dengan mengedepankan ajaran islam. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat muslim di Indonesia untuk mempelajari Alqur’an dan menjadi penghafal Alqur’an menjadikan Pondok Pesantren saat ini banyak yang mengembangkan Pembelajaran Tahfidz. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi dan karakteristik yang ada di pesantren tersebut dalam penerapan Pembelajaran Tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi Pembelajaran Tahfidz yang diterapkan di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik akurasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Tahfidz yang dilaksanakan memiliki tujuan untuk menjadikan lulusan penghafal Alqur’an yang menguasai bacaan sesuai kaidah dan mampu mengamalkan kandungan Alqur’an dalam kehidupan sehari�hari serta berdaya saing dalam IPTEK. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan menghafal masing-masing siswa dengan menggunakan media Alquran Al-Quddus dan Kitab Yanbu’a sebagai pendukungnya. Strategi halaqoh berupa kelompok kecil yang didampingi oleh ustadz yang senantiasa memberikan bimbingan dan masukan kepada siswa. Terdapat empat kali penilaian dalam setahun dengan target hafalan yang sudah ditentukan sesuai tingkatannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Pembelajaran Tahfidz.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:24
Last Modified: 23 Sep 2024 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63901

Actions (login required)

View Item View Item