EVALUASI PROGRAM MUATAN LOKAL BAHASA SUNDA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CIMAUNG 1 MENGGUNAKAN MODEL CIPP (Context, Input, Process dan Product)
Dian Afrianti, 1102418002 (2023) EVALUASI PROGRAM MUATAN LOKAL BAHASA SUNDA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CIMAUNG 1 MENGGUNAKAN MODEL CIPP (Context, Input, Process dan Product). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi lokal masing-masing daerah. Pembelajaran muatan lokal dilaksanakan untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki peserta didik melalui potensi daerah seperti budaya, bahasa, dan adat istiadat. SD Negeri Cimaung 1 merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan program muatan lokal Bahasa Sunda yang memiliki kendala sulit diterimanya pelajaran Bahasa Sunda oleh siswa dan rendahnya pemahaman siswa pada muatan lokal Bahasa sunda. Pelaksanaan pembelajaran masih kurang bermakna bagi semua siswa, hal ini disebabkan karena tidak semua siswa mengerti dan menggunakan Bahasa Sunda sebagai Bahasa sehari – hari . Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan program muatan lokal Bahasa Sunda di SD Negeri Cimaung 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian evaluatif. Model evaluasi menggunakan model CIPP yang meliputi aspek (Context, Input, Process dan Product). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kebutuhan yang dipersiapkan sebelum pelaksanaan program muatan lokal bahasa Sunda yaitu analisis lingkungan sekolah, analisis kebutuhan pelaksanaan program serta fasilitas untuk mencapai tujuan program yang telah ditetapkan, 2) Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah lengkap seperti fasilitas gedung yang lengkap, modul ajar dan buku-buku guguritan yang sudah tersedia di perpustakaan sekolah, serta media pembelajaran sangat beragam, 3) Perencanaan pembelajaran muatan lokal Bahasa Sunda telah disusun dengan baik melalui (RPP) sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Proses pembelajaran muatan lokal Bahasa Sunda telah dibuat secara kreatif, inovatif, dan komunikatif dan pengetahuan hasil belajar siswa dalam aspek pengetahuan lebih unggul dibandingkan aspek sikap maupun keterampilan, 4) Pelaksanaan muatan lokal Bahasa Sunda di SD Negeri Cimaung 1 masih perlu ditingkatkan lagi dikarenakan dalam tujuan yang mengharapkan siswa dapat berkomunikasi dalam Bahasa Sunda dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis masih belum terlaksana secara optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Muatan Lokal, Bahasa Sunda, Evaluasi Model CIPP. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |