EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KELAS MAYA BERBANTUAN DISCORD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 12 SEMARANG


Desin Al Esa, 1102416053 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KELAS MAYA BERBANTUAN DISCORD TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416053_Desin Al Esa - Desin Al Esa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara daring menyulitkan guru dalam memantau proses belajar dan cenderung membuat siswa menjadi pasif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Discord sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMAN 12 Semarang. Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat, harapannya guru dapat lebih mudah mengondisikan dan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol acak. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan kelas maya berbantuan Discord dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang dikembangkan berdasarkan konsep keaktifan belajar siswa. Pada tahap awal penelitian, dilakukan uji validitas instrumen untuk memastikan akurasi dan reliabilitas pengukuran keaktifan belajar siswa. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian memiliki validitas yang baik dengan nilai r hitung melampaui r tabel untuk 36 sample penelitian. Uji normalitas data juga dilakukan dan menunjukkan bahwa data keaktifan belajar siswa mengikuti distribusi normal. Selanjutnya, dilakukan uji homogenitas untuk memastikan bahwa varian antara kelompok eksperimen dan kontrol tidak berbeda signifikan. Hasil uji homogenitas menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dalam varian antara kedua kelompok. Analisis uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dilakukan untuk membandingkan keaktifan belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam keaktifan belajar siswa antara kedua kelompok sebelum intervensi dilakukan. Namun, setelah intervensi menggunakan kelas maya berbantuan Discord, terdapat perbedaan signifikan dalam keaktifan belajar siswa antara kedua kelompok. Penggunaan Discord sebagai media pembelajaran secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI di SMAN 12 Semarang. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Discord sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan penggunaan media ini juga dapat membantu guru dalam memantau proses pembelajaran siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah guru dapat menggunakan media ini dalam pembelajaran online untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discord, media pembelajaran, keaktifan belajar, geografi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:52
Last Modified: 23 Sep 2024 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63887

Actions (login required)

View Item View Item