PERSEPSI SISWA DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 GOMBONG


Arditha Oky Rista Perdana, 1102416048 (2023) PERSEPSI SISWA DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 GOMBONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416048_ARDITHA OKY RISTA PERDANA - Arditha Oky Rista Perdana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ada empat permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong, (2) Bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong, (3) bagaimana kendala yang dihadapi oleh siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong, (4) bagaimana kendala yang dihadapi oleh orang tua terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui siswa dan orang tua terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong, (2) untuk mengetahui kendala yang di hadapi siswa dan orang tua dengan adanya pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gombong. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif deskriptif, digunakan untuk mengukur variabel dengan menggunakan instrumen pengumpulan data angket. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu persepsi siswa dan orang tua terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada siswa SMP Negeri 2 Gombong sama-sama mempunyai kecenderungan cukup baik. Persepsi siswa dan orang tua terhadap pembelajaran daring dapat dilihat dari penyerapan terhadap rangsang atau objek dari luar individu dalam kategori baik, pengertian dan pemahaman dalam kategori cukup baik, begitu juga dengan penilaian dan evaluasi berada dalam kategori cukup baik. Sebagian besar siswa mengalami kendala terkait signal internet selama pembelajaran daring. Selanjutnya siswa menyatakan lebih tertarik belajar di kelas karena dapat berinteraksi secara langsung dengan guru mereka. Selain itu siswa telah membaca bahan ajar namun tidak memahami materi dan merasa tertekan karena tugas yang diberikan terlalu banyak sehingga siswa tidak bisa mengerjakan secara mandiri. Sedangkan kendala yang dialami oleh orang tua adalah tersitanya waktu orang tua untuk membimbing anak, asal pendidikan orang tua yang kurang, penuntutan para orang tua agar mengerti teknologi, anak memiliki sifat kurang bertanggung jawab serta pengeluaran kas rumah tangga bertambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Siswa, Orang Tua, Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:48
Last Modified: 23 Sep 2024 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63885

Actions (login required)

View Item View Item