PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOTA SEMARANG TAHUN 2020


Rahmania Chaerunnisa, 7101418300 (2022) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, DUKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KOTA SEMARANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418300_Rachmania Chairunnisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Covid menyebabkan salah satu faktor pembelajaran harus dilakukan dengan metode dalam jaringan. Metode pembelajaran dalam jaringan membutuhkan regulasi diri dalam belajar mahasiswa harus baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dukungan orang tua, dukungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap self regulated learning dengan self efficacy sebagai variabel moderasi pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas di Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Universitas Veteran, dan Universitas PGRI Semarang sebanyak 483 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis deskriptif menunjukkan self-regulated learning dalam kategori cukup tinggi. Dukungan orang tua termasuk dalam kategori tinggi. Dukungan teman sebaya termasuk kategori tinggi. Motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi. Self-efficacy termasuk dalam kategori cukup tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial dukungan orang tua, dukungan teman sebaya berpengaruh terhadap self-regulated learning. Motivasi belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap self-regulated learning. Variabel self-efficacy memperkuat pengaruh dukungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap self-regulated learning. Secara simultan dukungan orang tua, dukungan teman sebaya, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap self-regulated learning karena nilai uji F diketahui diperoleh nilai p=0,000 < 0,05. Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh dukungan orang tua dan teman sebaya terhadap self regulated learning dengan self efficacy memoderasi pengaruhnya. Saran untuk Penelitian selanjutnya dapat menganalisis keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Dukungan Teman Sebaya, Self-Regulated Learning
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:46
Last Modified: 23 Sep 2024 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63884

Actions (login required)

View Item View Item