EVALUASI SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK KOTA SEMARANG


Syntya Defi Rusmawati, 1102416043 (2023) EVALUASI SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416043_Syntya Defi R - Syntya Defi R.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik untuk terjun langsung di dunia kerja. Harapannya setelah lulus peserta didik mampu menjadi tenaga kerja yang mempunyai daya saing tinggi, baik secara nasional maupun internasional. Demi mendukung terwujudnya tujuan pendidikan kejuruan, maka setiap satuan pendidikan harus menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, hal ini dikarenakan pendidikan kejuruan erat kaitannya dengan sarana dan prasarana praktik. Standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan diatur dalam Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, yaitu pada lampiran IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian sarana dan prasarana ruang praktik Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Semarang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian evaluatif discrepancy yaitu penelitian yang dilakukan dengan mencari kesenjangan antara standar yang ditetapkan dengan kondisi riil di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode mix methods. Penelitian ini dilaksanakan di 4 (empat) sampel sekolah yaitu di SMK Negeri 5 Semarang, SMK Negeri 8 Semarang, SMK Muhammadiyah 2 Semarang, dan SMK Palapa Semarang dengan fokus penelitian pada tingkat kesesuaian sarana dan prasarana ruang praktik Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian pengambilan kesimpulan dengan menggunakan teknik perhitungan skala persentase. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, serta Guru Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesesuaian sarana ruang praktik Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Semarang sebesar 92,9% dengan kriteria sangat sesuai, SMK Negeri 8 Semarang sebesar 85% dengan kriteria sangat sesuai, SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 88,9% dengan kriteria sangat sesuai, dan SMK Palapa Semarang sebesar 73,03% dengan kriteria sesuai. Sedangkan tingkat kesesuaian prasarana ruang praktik Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 5 Semarang sebesar 70% dengan kriteria sesuai, SMK Negeri 8 Semarang sebesar 70% dengan kriteria sesuai, SMK Muhammadiyah 2 Semarang sebesar 80% dengan kriteria sesuai, dan SMK Palapa Semarang sebesar 92,5% dengan kriteria sangat sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sarana, Prasarana, Ruang Praktik Teknik Komputer dan Jaringan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:44
Last Modified: 23 Sep 2024 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63883

Actions (login required)

View Item View Item