PENGARUH FASILITAS BELAJAR, RELASI PERTEMANAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI


Yunita Hesti Wulandari, 7101418262 (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, RELASI PERTEMANAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101418262_Yunita Hesti Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh Fasilitas Belajar, Relasi Pertemanan dan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Belajar Tatap Muka pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2022/2023. Kesiapan belajar merupakan kondisi awal suatu kegiatan belajar dimana seseorang siap atau tidak melakukannya untuk memberi respon/jawaban di dalam kegiatan belajar mengajar karena beberapa faktor. Faktor�faktor tersebut dapat berupa faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 100 siswa. Dengan sampel penelitian adalah sampel jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sampel. Pengambilan data menggunakan kuisioner dan uji regresi berganda. Variabel penelitian ini adalah kesiapan belajar (Y), fasilitas belajar (X1), relasi pertemanan (X2) dan lingkungan keluarga (X3). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Fasilitas Belajar memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kesiapan Belajar dengan nilai thitung sebesar 1,283 dan nilai signifikansi sebesar 0,202; (2) Relasi Pertemanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Belajar dengan nilai thitung sebesar 3,203 dan nilai signifikansi sebesar 0,002; (3) Lingkungan Keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Belajar dengan nilai thitung sebesar 2,424 dan nilai signifikansi sebesar 0,017. Simpulan dari penelitin ini adanya pengaruh positif antara fasilitas belajar, relasi pertemanan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan belajar tatap muka hendaknya (1) sekolah harus menyiapkan ruang kelas yang nyaman dan fasilitas penunjang lain, (2) siswa dapat membangun relasi dengan melakukan belajar bersama antar teman sebaya, (3) siswa dapat membangun keharmonisan keluarga dan keluarga memberikan motivasi sehingga siswa dapat lebih siap belajar di sekolah maupun ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Fasilitas Belajar, Relasi Pertemanan, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:39
Last Modified: 23 Sep 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63881

Actions (login required)

View Item View Item