PENGARUH EFIKASI DIRI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, SERTA DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BAWANG
Rozalina Umami, 7101416138 (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, SERTA DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BAWANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selalu menempati peringkat pertama dalam menyumbang angka pengangguran terbuka di Indonesia. Salah satu penyumbang pengangguran tertinggi pada tingkat sekolah menengah kejuruan adalah program keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran (OTKP). SMK Negeri 1 Bawang salah satu sekolah kejuruan yang memiliki program keahlian OTKP. Tingkat keterserapan kerja pada lulusan OTKP SMK Negeri 1 Bawang masih tergolong rendah dalam tiga tahun terakhir yaitu 10% pada tahun 2019, 29% tahun 2020 dan 25% tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, komunikasi interpersonal, dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Bawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Bawang yang berjumlah 322 siswa yang terdiri masing-masing 3 kelas dari kelas X, XI, XII. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 180 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa efikasi diri, komunikasi interpersonal, dan dukungan orang tua secara simultan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 84,2%, sedangkan 15,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel efikasi diri menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 18,83%. Variabel komunikasi interpersonal menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 8,52%. Namun, pada variabel dukungan orang tua secara parsial tidak memberikan pengaruh terhadap kesiapan kerja siswa. Saran untuk memaksimalkan lulusan yang memiliki kesiapan kerja yang tinggi, pihak sekolah dapat mengevaluasi pembelajaran yang mengacu pada keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Kemudian orang tua sebagai lingkungan terdekat siswa, hendaknya dapat memberikan dukungan dan gambaran mengenai dunia kerja kepada anak-anaknya. Untuk penelitian selanjutnya apabila menggunakan variabel dukungan orang tua agar lebih memperhatikan faktor sosial ekonomi orang tua, atau latar belakang pendidikan orang tua. Kemudian dapat meneliti kesiapan kerja dengan faktor-faktor yang disesuaikan dengan kemajuan dunia kerja saat ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Efikasi Diri, Komunikasi Interpersonal, Dukungan Orang Tua |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:23 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63875 |
Actions (login required)
View Item |