PENGGUNAAN MEDIA PODCAST SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA 1 TUNTANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021


Hasan Waskito, 3101417070 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PODCAST SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMA 1 TUNTANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101417070_HASAN WASKITO - Hasan Waskito.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan pandemi covid-19 yang masuk ke wilayah Indonesia membuat tidak diperbolehkannya semua kegiatan pengumpulan massa dan bertatapan langsung dengan banyak orang. Adanya pandemi juga menghambat kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dilakukan seperti biasanya. Kegiatan belajar mengajar tatap muka diganti dengan pemberlakuan pembelajaran jarak jauh. Guru akhirnya harus menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat dimungkinkan untuk dilaksanakan pada masa pembelajaran jarak jauh. Karena terbatasnya metode yang dapat diaplikasikan maka guru sejarah lebih memilih untuk menggunakan media pembelajaran berbasis podcast dalam menyampaikan pembelajaran sejarah. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mendapatkan rumusan masalah antara lain bagaimana pengembangan media podcast sejarah, penggunaan media podcast sejarah serta hambatan penggunaan media podcast sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media podcast sejarah pada masa pembelajaran jarak jauh, mendeskripsikan penggunaan media podcast sejarah pada masa pembelajaran jarak jauh, serta menganalisis hambatan dalam penggunaan media podcast pada masa pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan adalah guru sejarah Bapak Taufiq Harpan Ardila dan peserta didik kelas XII MIPA 3 dan XII IPS 1 SMA 1 Tuntang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru mengembangkan media podcast dengan menyesuaikan kurikulum yang diterapkan dengan membedah silabus dan mengambil indikator terkecilnya (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan media podcast dapat berjalan lancar tetapi terdapat beberapa keluhan dari peserta didik juga adanya poin-poin yang tidak dapat dilaksanakan secara terus menerus seperti google meet dan zoom saat diterapkannya pembelajaran jarak jauh (3) Hambatan yang ditemui ketika penerapan media podcast yakni masih terdapat peserta didik yang tidak tertarik terhadap pembelajaran dan guru tidak dapat leluasa mengontrol peserta didik pada masa pembelajaran jarak jauh. Keterbatasan fasilitas juga menjadi hambatan bagi guru dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara maksimal. Saran untuk guru yaitu agar dapat memperhatikan perekaman dan penyampaian informasi sehingga tidak hanya sekedar formalitas semata, dalam pelaksanaan pembelajaran tidak hanya menggunakan media podcast sehingga tidak membosankan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Podcast, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Jarak Jauh,
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:06
Last Modified: 23 Sep 2024 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63873

Actions (login required)

View Item View Item