PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK BERBASIS SELF-REGULATED BAGI PENGEMBANGAN KONFORMITAS SISWA
Suhendri, 0102615002 (2022) PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK BERBASIS SELF-REGULATED BAGI PENGEMBANGAN KONFORMITAS SISWA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Disertasi)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa memiliki tingkat konformitas rendah sehingga mudah mendapat tekanan kelompok sebaya yang berdampak pada munculnya perilaku tidak normatif. Hal ini karena ketidakmampaun siswa meregulasi diri terhadap lingkungannya. Perilaku menyimpang merupakan tekanan kelompok sebaya. Rumusan masalah yaitu bagaimana model dan keefektifan konseling kelompok berbasis self-regulated yang dikembangkan bagi pengembangan konformitas siswa. Tujuannya adalah bagi pengembanganmodel dan menguji keefektifan model konseling kelompok berbasis self-regulated bagi pengembangankonformitas siswa. Penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif melalui Research and Development (R&D) dengan metode repetead measure Anova dengan desain pretest and multiple posttest design (T1,T2,T3). Instrumen penelitian mengunakan instrumen konformitas siswa. Instrumrn disusun melalui tahap content validity and construct validity. Tingkat koefisiennya reliabilitas instrumen yaitu 0.857. Tahapan pengembangan melalui (1) menyusun model hipotetik, (2) validasi model hipotetik, (3) revisi model, (4) uji coba terbatas, (5) revisi model, (6) model final, (7) uji efektifitas model. Hasil uji efektifitas diketahui bahwa pada kelompok ekeperimen terjadi peningkatan konformitas siswa secara signifikan setelah diberi layanan model konseling kelompok berbasis self-regulated (KKBSR). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada peningkatan konformitas siswa secara signifikan. Maka kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) menghasilkan model konseling kelompok berbasis self-regulated bagi pengembangan konformitas siswa, adapun komponen model ; pandangan terhadap manusia, tujuan konseling, tahap konseling, keterampilan dasar konseling, peran pemimpin kelompok, prasyarat pelaksnaan model dan evaluasi intervensi konseling (2) model konseling kelompok berbasis self-regulated efektif bagi pengembangan konformitas siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Konseling, S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63854 |
Actions (login required)
View Item |