KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK KARIR TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN VOCATIONAL IDENTITY DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA MAN 1 KOTA SEMARANG
Elin Siti Marlina, 0106520013 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK KARIR TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN VOCATIONAL IDENTITY DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA MAN 1 KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Vocational identity merupakan sebuah fondasi dalam pengambilan keputusan karir yaitu sebuah proses perkembangan dan berhubungan dengan memilih, memasuki, dan kemajuan-kemajuan yang dicapai dalam pendidikan dan pekerjaan siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok karir teknik modeling untuk meningkatkan vocational identity dan pengambilan keputusan karir siswa di MAN 1 Kota Semarang Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest�Posttest Control Group Design dengan melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Intervensi yang diberikan kepada kelompok eksperimen adalah konseling kelompok karir teknik modeling sedangkan kelompok kontrol tidak dieberikan perlakuan konseling kelompok karir teknik modeling Sampel penelitian berjumlah 14 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari 105 siswa kelas XII MAN 1 Kota Semarang yang memiliki tingkat vocational identity dan pengambilan keputusan karir rendah Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney Test, hasil menunjukkan bahwa intervensi konseling kelompok karir teknik modeling dalam meningkatkan vocational identity (Z= -2366, p<005) dan pengambilan keputusan karir (Z= -2366, p<0,05), meskipun sama-sama efektif namun berdasarkan nilai Z2 konseling kelompok karir teknik modeling lebih efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir (Z2= -3,137, p<0,05) siswa di MAN 1 Kota Semarang Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa konseling kelompok karir teknik modeling efektif untuk meningkatkan vocational identity dan pengambilan keputusan karir siswa Jika dibandingkan, konseling kelompok teknik modeling lebih efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir siswa kelas XII MAN 1 Kota Semarang Saran yang dapat disampaikan yaitu konselor sekolah dapat menerapkan intervensi konseling kelompok karir teknik modeling ini untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan rendahnya vocational identity dan pengambilan keputusan karir
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63852 |
Actions (login required)
View Item |